Mempercepat Kinerja Komputer

Dulu awalnya disaat baru beli computer atau laptop (sebut saja kompi) kita sangat puas dengan kinerjanya, tapi lambat laun kompi kita semakin lemot dan lemot..astaga karena bayaknya malware atau virus atau system system yang rusak dan tidak terlihat, untuk itu Pada postig kali ini saya akan berbagi ilmu tentang trik trik ampuh untuk mengembalikan kinerja kompi kita menjadi seperti baru (meskipun ga 100%). Langsung aja oke,

A. Matikan beberapa fitur Start Up.
Hal ini akan mempercepat loading Windows pada waktu Booting atau pertama kali kita menghidupkan Kompi kita.
1. Masuk ke star menu, cari “RUN”
2. Ketikan MSCONFIG
3. Untuk widows 7 bisa langsung ketik MSCONFIG di star menu
4. Klik pada tab “Boot” dan klik pada “Advanced options”.
5. Centang pilihan “Number of processors” dan tentukan berapa yang Anda inginkan sesuai dengan yang dimiliki PC Anda (biasanya 2, 4 atau 8)
6. Pindah lagi ke menu service, hilangkan centang pada :
– Application Experience
– Computer Browser
– Diagnostic Policy Service
– Distributed Link Tracking Client
– IP Helper
– Offline Files
– Portable Device Enumerator Service
– Print Spooler
– Protected Storage
– Remote Registry
– Tablet PC Input Service
– TCP /IP NetBIOS Helper
7. Pindah ke menu Start Up, hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus dan program driver,
8. Klik Menu service >> Hilangkan cawang pada Automatic Updates
Setelah itu >>> Aplly >>> Ok

Hal ini memerlukan Restart Windows, Setelah itu ada Message Windows dan pilih dont show this message again. Setelah di restart Kemudian lanjutkan ke Optimasi pada Registry Windows di bawah ini.

B. Optimasi Pada Registry

Rubah Registry Windows pada bagian berikut ini.
• MASUK RUN >> Ketik REGEDIT >> >> OK
• MY COMPUTER >>> pilih HKEY_CURRENT_USER >> pilih CONTROL PANEL >> DESKTOP >> Cari MENU SHOW DELAY >> Doble Klik dan rubah value data menjadi 10
• Cari HUNG-UP TIME OUT >> Doble Klik rubah value dataya menjadi 5
• MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CONTROLSET001 >> CONTROL >> WAIT TO KILL SERVICE >> Rubah Valuenya menjadi 500
• MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CONTROL SET002 >> CONTROL >> WAIT TO KILL SERVICE >> Rubah Valuenya menjadi 500
• MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CURRENT CONTROL Set> COntrol >> SESION MANAGER >> MEMORY MANAGEMENT >> DISABLE PAGING EXCecutive >> Rubah Value data menjadi 1

C. Optimalkan Virtual Memory
• Masuk Control Panel >> System >> Advanced >> Performance Setting >>> Pilih Custom >> Cawang pada : “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian aplly.
• Pada menu advanced >>> Virtual memory >> Change >> Klik pada drive c:Windows >> Pilih Custom Size >> Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 rubah ke 512 , 512 rubah 1000) atau anda bisa merubah sesuai keinginan anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik Ok.

D. Hapus Sampah di PC
Gunakan program kecil tapi dahsyat fungsinya seperti CCleaner atau advance systemcare (saya si pake advance systemcare) . Software itu bisa menghapus sampah yang tersembunyi dalam PC, juga system system yang error . bila perlu gunakan Anti Malware agar lebih baik seperti pake Emsi a-Squared, Adware dll. Dan lakukan scaning atau fixing secara berkala.

E . Uninstal software yang tidak diperlukan
Meskipun software-software yang di install tidak berjalan di belakang, tetapi hampir setiap software selalu menambahkan entry (data) ke registry, sehingga semakin banyak software yang di install ukuran registry (windows) juga akan semakin besar. Karena registry ini akan di akses baik ketika komputer berjalan maupun sudah berjalan, besar kecilnya juga mempengaruhi ke kecepatan/ waktu respon-nya. Solusinya adalah menggunakan software yang memang diperlukan saja, Uninstall software yang tidak penting dan gunakan Uninstaller seperti Revo Uninstaller agar proses uninstallasi lebih tuntas. Untuk membersihkan software yang sudah di uninstall, bisa juga menggunakan berbagai Utilities gratis.

F. Kosongkan folder Prefetch windows setiap 1 bulan atau lebih.
Windows merekam sebagian dari data atau aplikasi yang sering digunakan agar membuat proses load kelihatan lebih cepat ketika dipanggil oleh user. Hal ini bagus, tetapi untuk waktu yang lama, folder prefetch bisa jadi kelebihan muatan referensi file dan aplikasi yang tidak lagi digunakan. Jika hal itu terjadi, Windows XP akan membuang-buang waktu dan memperlambat performa sistem, ketika melakukan load aplikasi atau file. Tidak ada yang penting dalam folder tersebut, dan seluruh isinya aman untuk dihapus. Folder tersebut biasanya terletak di: C:/WINDOWS/Prefetch

G. Jalankan Disc Clenup 1 bulan sekali atau lebih
1. klik menu star, pilih all program
2. pilih accesoris >> system tools
3. pilh disc clenup, dan pilih drive c:

H. Update anti virus dalam sepekan sekali atau bahkan harian
usahakan hanya satu software yang terinstal. Menggabungkan lebih dari satu antivirus hanya akan mengundang penyakit bagi performa dan kahandalan komputer. Lakukan scanning secara berkala, agar kaomputer selalu bersih dari virus.

I. Update Driver
dengan mengupdate driver pada device kompi kita bisa membantu kierja dari masing masing device, untuk mempermudah update driver bisa mengunakan software peng update driver otomatis seperti Driver Genius Pro atau device doctor.
Utamakan lah update driver VGA.

J. Upgrade Memori RAM
Banyak sedikitnya jumlah RAM/Memori yang kita gunakan memang tidak bisa dibuat standard sama untuk satu komputer dengan komputer lain atau bahkan sistem operasi. Meskipun ketika akan menginstall Windows, ada spesifikasi minimal RAM, tetapi jenis aplikasi yang kita gunakan juga harus diperhitungkan. Untuk mengecek, buka saja Task Manager dan di bagian Performance periksa PF Usage dan juga Physical Memory yang menunjukkan total Memory fisik (RAM) dan sisa tersedia (Available).

Jika kita tidak sedang menjalankan aplikasi apapun, tetapi sisa RAM tidak lebih dari setengahnya, biasanya kinerja komputer akan lambat, maka harus diperiksa aplikasi apa saja yang menggunakan banyak memory (RAM), secara umum bisa dicek di tab Process, kolom Mem Usage. Jika memang RAM kita pas-pasan (misal windows XP dengan RAM 512 MB atau kurang, windows 7 dengan 1 GB RAM), maka solusinya termurah adalah mengurangi aplikasi yang banyak memakan memory. Solusi terbaik adalah Upgrade memory, untuk harga RAM 1 gb berkisar 140 ribu – 300 ribu tergantung merk, pastikan jenis ram apa yang kompi kamu gunakan. ( info : januari 2011 saya beli ram di harco mangga 2 , RAM LAPTOP 1gb SODDIM DDR2 PC6400 harganya 140 ribu) .

demikian tips dan trik dari saya..semoga bermanfaat…
selamat mencoba dan rasakan perbedaan nya….

Tinggalkan komentar

Filed under Tips dan Trik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s