TIPS SEBELUM MEMBELI NOTEBOOK

Pengunaan Notebook/Notebook sekarang ini sudah semakin luas, karna ditinjau dari tuntutan waktu kerja yang semakin sempit yang memaksa kita harus selalu berkomunikasi dengan peralatan yang satu ini. Media Notebook’pun digunakan bukan hanya sebagai alat bantu di dalam dunia pekerjaan tapi sebagai gaya hidup dan prestisi seseorang.

Nah sedikit tips dan trik pada saat kamu akan membeli Notebook dan bagaimana merawatnya agar Notebook tersebut menjadi rekan yang baik dan tidak menyusahkan.

Kenapa harus Notebook?
Inilah pertamakali yang harus diperhatikan, kenapa kita harus membeli Notebook? Kenapa tidak membeli komputer PC saja? Artinya tentukan dulu kebutuhan kamu sebelum membeli Notebook. Hal ini menjadi penting karena Notebook tersebut lah yang akan kita gunakan untuk keperluan kita. Tentukan kebutuhan penggunaannya sebelum kita membelinya. Apakah sekedar untuk melakukan presentasi dan urusan kantor saja? Atau sebagai sarana multimedia yang bisa memainkan game, DVD, hinga menjalankan program-program desain.

Processor
Hal kedua yang harus kita perhatikan adalah Prosesor/CPU laptop tersebut. Akan bergantung sekali terhadap kebutuhan kita, karna Prosesor akan menentukan seberapa cepat sistem bekerja dalam mengeksekusi suatu program. Saran saya kamu membeli laptop yang minimal sudah dibenamkan Prosesor dual core didalamnya, baik dari pabrikan AMD atau Intel. Atau jika kamu punya dana lebih, kamu dapat memilih laptop dengan Prosesor Core 2 Duo, Quad Core atau Phenom X2. (Perhatikan Cache memory Prosesor, semakin besar Cache memorynya semakin memuaskan kinerjanya).

RAM / Memory
Setelah Prosesor sekarang kitta beralih kepada RAM atau nama pasarannya memory ketika kita ke stand penjual maka kita akan ditanya-tanya tentang Notebook yang kita ingginkan. Biasanya “Mba-mba SPG / Mas-mas SPB”nya akan memcerca kita dengan sejuta kata-kata tentang kelebihan Notebook yang ini atau kelebihan Notebook yang itu, kadang membuat kita sakit kepala. Untuk penggunaan umum Prosesor Centrino single core RAM 512mb sudah cukup karna penggunaanya hanya sebatas keperluan office dan memutar film/lagu saja. Tapi jika digunakan untuk melakukan aktifitas lain seperti coding atau desain dengan software versi lama masih sangat memadai. Contohnya menggunakan Adobe Photoshop CS, Notebook tersebut masih dapat digunakan dengan nyaman. Tapi jika kamu memiliki dana lebih, alangkah lebih baiknya jika menambah kapasitasnya menjadi 1GB atau 2GB, karna dengan memory yang lebih besar akan sangat meringankan kerja Notebook tersebut dan mempernyaman kamu dalam mengunakannya.

Kartu Grafis / VGA
Disini akan lebih menitik beratkan kepada penggunaan dari Notebook tersebut. Jika kamu hanya melakukan tugas kantor dan browsing internet, jangan terlalu memikirkan tipe kartu grafisnya, karena kartu grafis Onboard jenis GMA pun sudah sangat cukup. Tapi jika kamu menggunakan Notebook tersebut untuk segi lain semisal memainkan Game atau merender gambar 3D, pertimbangkanlah kartu grafisnya. Semakin bagus kartu grafisnya maka harga laptop tersebut semakin mahal.

Hardisk
Media penyimpanan ini juga harus diperhatikan sebelum kita membeli Notebook. Semisal kalau penyimpanan kita hanya sedikit, untuk apa membeli Notebook dengan Hardisk ukuran 320gb. Tapi jika kamu banyak menyimpan data, file gambar (photo), MP3, Game, dan Film, maka ukuran hardisk yang kita butuhkan akan semakin besar.

Layar / Monitor
Biasanya Notebook sekarang sudah betipekan Monitor WideScreen agar nyaman dilihat. Tapi yang kita perhatikan adalah kedalaman resolusi dan refresh ratenya serta ukuran dari WideScreen tersebut. Dan apakah kalo kita lihat menyamping tampak buram atau jelas.

Battery Menurut saya dari semua aspek diatas, battery termasuk aspek yang sangat penting. Berapa lama dia dapat bertahan, apa jenis batterynya, bagaimana cara menchargenya dan kelengkapan aksesori-nya.

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan antara lain Speaker, Webcam, Keyboard, Touchpad, slot-slot pendukung (Card Reader, PCMCIA, USB, VGA Out, Jack Audio Out), Drive Optic (DVD-RAM, Blueray, HD-DVD), konektivitas (Wifi, Bluetooth).
INFO:crocholatozt.blogspot.com

1 Komentar

Filed under Tips dan Trik

One response to “TIPS SEBELUM MEMBELI NOTEBOOK

  1. nanang khosim a

    oke terimakasih saranya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s