Transmisi 10Tbps ZTE Pecahkan Rekor Dunia

Bukan cuma di arena balap mobil yang mengenal rekor kecepatan. Di bidang jaringan telekomunikasi, rekor kecepatan juga dianggap penting. Buktinya, ZTE rela bersusah payah menciptakan teknologi transmisi optik yang mampu memecahkannya.

Rekor dunia untuk kecepatan transmisi kanal tunggal (single channel) yang sebelumnya tercatat sebesar 1Tb/detik (Tbps), kini telah dilewati oleh ZTE. Tak tanggung-tanggung, ZTE dapat merengkuh angka 10 kali lebih cepat, yaitu lebih dari 10Tbps, pada percobaan pertamanya.

Pabrikan asal Cina tersebut sukses mentransmisikan sinyal-sinyal optik melalui sebuah kabel fiber standar model tunggal sepanjang 640 km. Pencapaian ini telah diakui dunia setelah dipresentasikan pada ajang Konferensi OFC/NFOEC 2011 di Los Angeles, AS.

Percobaan ini menggunakan “teknologi carrier generation” ZTE yang telah dipatenkan guna menghasilkan 112 unit coherent and frequency-locked optical sub-carriers. Setiap sub-carrier membawa 100Gbps sinyal-sinyal optis sehingga bila ditotal, kecepatan rating kanal tunggal yang diraih sebesar 11.2 Tbps.

Dengan pertumbuhan yang cepat atas permintaan bandwidth yang lebih tinggi, kecepatan kanal tunggal sebesar 10Tbps akan menjadi rating transmisi jaringan telekomunikasi di masa depan.

“Dengan pengakuan dari OFC, kami akan melakukan investasi lanjutan atas upaya di bidang transmisi optikal berkecepatan tinggi serta memberikan hasil-hasil penelitian lanjutan atas penerapan 100G di dunia yang tertunda,” kata Fan Xiaobing (General Manager lini produk jaringan bearer ZTE).

Seiring waktu, ZTE telah melakukan investasi secara substansial pada teknologi bearer jaringan optik; mengembangkan perangkat model 100G dan produk-produk transmisi ULH, berbasis pada penerapan produk 100G, serta terlibat pada penelitian teknologi transmisi sinyal berkecepatan tinggi melebihi 100G.
info:crocholatozt.blogspot.com

Tinggalkan komentar

Filed under info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s