Bluetooth 4.0 Diadopsi

Teknologi transfer data semakin berkembang. Salah satunya teknologi Bluetooth yang kemarin telah mengembangkan teknologi dengan mengeluarkan versi terbarunya yaitu Bluetooth 4.0. Dan teknologi ini memiliki beberapa kelebihan dari pendahulunya.

Bluetooth Special Interest Group (SIG) akhirnya memberikan izin untuk adopsi formal Bluetooth Core Specification versi 4.0 yang memungkinkan penghematan energi perangkat.

Bluetooth 4.0 sendiri secara resmi telah diumumkan pada April lalu. Namun kali ini SIG menambahkan kemampuan baru untuk masalah teknologi baterai perangkat. Menurut SIG, Bluetooth 4.0 ini memungkinkan perangkat untuk beroperasi hanya dengan sebuah baterai koin dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

“Rincian mengenai spesifikasi tersebut dapat di-download dari situs resmi SIG. Namun SIG juga memosting rincian tambahan terhadap teknologi Bluetooth berdaya rendah ke Web,” tulis keterangan resmi SIG.

SIG menggambarkan bagaimana penambahan daya rendah menggunakan paket data yang sangat singkat (minimal 8 oktet sampai dengan maksimum 27 oktet) yang ditransfer pada satu megabit per second, menggunakan sebuah teknologi yang dapat memaksimalkan waktu mereka tanpa menggunakan baterai baru.

Spesifikasi ini juga menempatkan beban yang lebih besar pada potongan kecil controller logic ketimbang seluruh perangkat host, untuk menentukan kapan seluruh sistem perlu dibangun.

Selain itu, peningkatan indeks modulasi sebenarnya telah meningkatkan jangkauan efektif dari 30 kaki atau lebih, hingga 200 meter. Spesifikasi rendah daya memberlakukan 24-bit pemeriksaan redundansi (CRC) pada semua paket, dirancang untuk menganalisa data rusak. Enkripsi AES-128 juga digunakan.

SIG telah mengatakan sebelumnya bahwa mereka mengharapkan perangkat Bluetooth 4.0 pertama akan muncul pada akhir tahun atau pada awal tahun 2011.sumber : emperorkidz.blogspot.com

1 Komentar

Filed under info

One response to “Bluetooth 4.0 Diadopsi

  1. wah dah rilis jd produk dan di indo dah ada lum yah?hmm, tekno makin berkembang cepat ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s