Tugas2 Sistem Informasi Akutansi

Referensi Buku SIA

Accounting Information System
Pengarang : – Marshall R. Romney
            – Paul John Steinbart
1. Hal 48, No. 2.5 -> Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis sistem informasi…
  • Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini ?
Kelebihannya :
Akuntan mempunyai tujuan khusus untuk menyediakan informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan dan merupakan suatu proses identifikasi, pengembangan, pengukuran, dan komunikasi informasi bagi para spesialis system informasi.
Kelemahannya :
Akuntan hanya bisa mengatur di dalam bagian keuangan dan hanya berfokus pada data keuangan maupun non-keuangan tetapi tidak bisa mengatur atau bekerja di bagian lain atau divisi-divisi lain.
  • Sejauh manakah akuntan terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja ?
Akuntan tidak berhak dalam pembuatan laporan di luar keuangan karena tugas seseorang akuntan adalah menyediakan laporan tentang keuangan perusahaan, sedangkan untuk mengukur kinerja seseorang adalah tugas manajer sumber daya insani. Jadi seharusnya akuntan tidak terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan.
2. Hal 53, No. 2.8 -> Mengenai “Shauna Washington”
  • Deskripsikan beberapa informasi yang dapat disediakan oleh SIA yang didesain dengan baik untuk perusahaan ini, dan jika SIA tersebut disediakan tepat waktu, akan dapat menghindari beberapa masalah diatas !
Jawabannya :
– Strategic Uses of Information Technology :
Strategi jitu untuk pengimplementasian Teknologi Informasi yang diharapkan bisa menjamin manfaat TI yang diperoleh akan sebanding dengan investasi yang ditanam dan mengatasi permasalahan pertumbuhan teknologi yang sangat cepat.
– Membangun Customer Focused Bisnis :
Customer Focused Bisnis sangat diperlukan dalam membangun organisasi bisnis baru, sehingga para customer akan focus pada satu titik. Pertama adalah pemasaran dan penjualan, kedua adalah produksi dan ketiga adalah administrasi dan keuangan.
– Value Chain & Strategic Information System :
Tidak beda jauh dengan Strategic Uses of Information Technology, hanya bagian informasinya lebih ditekan agar permasarannya jadi lebih baik.
– Re-engineering Bussiness Process :
Perlu dilakukan penyegaran dalam bisnis agar semuanya tidak monoton dan terkesan asal-asalan, mulai dari system organisasi sampai ke aspek produksi harus sering diperbaiki agar lebih baik mutunya.
– Menciptakan Virtual Company :

Yaitu menciptakan produk atau software sendiri untuk mendukung suatu perusahaan.

Tinggalkan komentar

Filed under Tugas Manajemen Informatika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s